Rokhmat, Joni and Wildan, Wildan and Herianto, Edy (2018) Potensi Guru dalam Mengembangkan Profesinya melalui Penyusunan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, - (-). ISSN eISSN: 2549-8347; P-ISSN: 2579-9126 (In Press)
|
Text
00. Joni Rokhmat, Artikel Pengabdian, ilovepdf_merged.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan menelusuri potensi para guru dalam mengembangkan profesinya melalui penyusunan karya ilmiah dan memberi arahan dalam menyusun karya ilmiah. Pengabdian ini dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab, serta latihan kerja (workshop) dan melibatkan 30 orang guru Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Lombok Barat. Hasil diskusi menunjukkan bahwa guru-guru tersebut sangat antusias mengikuti kegiatan tetapi sekalipun kegiatan ini bukan hal baru mayoritas masih belum memahami bagaimana penyusunan proposal, instrumen, hingga melaksanakan penelitian tindakan kelas, serta bagaimana menulis artikel ilmiah, khususnya artikel hasil penelitian. Sementara, hasil analisis angket menunjukkan bahwa semua peserta kegiatan pengabdian ini belum memiliki publikasi ilmiah sekalipun beberapa di antaranya sudah memerlukannya. Jadi pada dasarnya guru-guru tersebut berpotensi mengembangkan profesinya melalui penyusunan karya ilmiah. Sebagai kendala adalah belum mengetahui bagaimana menyusun karya ilmiah, serta tidak ada waktu karena beban kerja cukup masif. Terhadap kegiatan ini, mereka menyarankan agar kegiatan ini dilaksanakan secara rutin, sekali hingga dua kali dalam setahun pada tingkat sekolah hingga tingkat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), termasuk perlunya menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pengabdian masyarakat, proposal penelitian, penelitian tindakan kelas, artikel ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Dr. JONI ROKHMAT |
Date Deposited: | 14 Nov 2018 02:06 |
Last Modified: | 14 Nov 2018 02:06 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10022 |
Actions (login required)
View Item |