PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS HASIL PENELITIAN DAN KAJIAN PUSTAKA UNTUK PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU-GURU SMKN 1 MATARAM

Rokhmat, Joni and Wildan, Wildan and Herianto, Edy (2018) PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS HASIL PENELITIAN DAN KAJIAN PUSTAKA UNTUK PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU-GURU SMKN 1 MATARAM. LPPM Unram, Mataram. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
00. Joni Rokhmat, 2018, Laporan Pengabdian PNBP, ilovepdf_merged.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan membantu para guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Mataram dalam mewujudkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang saat ini juga menjadi program bagi guru-guru di seluruh jenjang pendidikan. Salah satu faktor yang sangat penting dalam PKB tetapi sangat sulit diwujudkan oleh para guru adalah pengembangan karya ilmiah baik melalui kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) maupun hasil kajian pustaka. PKM ini dilaksanakan dari bulan Juni hingga Nopember 2018 dengan frekuensi rata-rata dua kali sebulan berlokasi di gedung SMKN 1 Mataram. Namun demikian, pelaksanaan pengembangan karya ilmiah oleh para guru tidak dapat berjalan secara intensif mengingat mereka juga memiliki kewajiban pokok yang cukup padat, seperti kegiatan rutin mengajar dan sebagian besar juga menjabat sebagai ketua jurusan, ketua bengkel, hingga menjabat wakil kepala kepala sekolah. Meskipun rata-rata pertemuan dua kali sebulan tetapi setiap individu selama kegiatan ini rata-rata mendapat pendampingan sebanyak dua hingga tiga kali. Hal ini dikarenakan setiap tim pengabdian dating ke sekolah, tidak semua guru dapat menggunakan memanfaatkannya untuk pendampingan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi ceramah, diskusi kelompok kecil, hingga diskusi secara individual. Selain itu, para guru dikelompokkan kedalam kelompok bidang ilmu kemudian masing-masing guru diminta menentukan isu yang angkan diangkat dalam pengembangan karya ilmiah, atau bagi sudah memiliki judul PTK melakukan peninjauan kembali judul tersebut. Sementara bagi guru yang sudah memiliki proposal melakukan kegiatan pengembangan instrumen penelitian, seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), lembar observasi, dan alat tes kemampuan. Hasil diskusi menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan pengembangan karya ilmiah sangat membantu guru untuk memotivasi dan kemudian merencanakan kegiatan PTK hingga menulis laporan dan artikel untuk publikasi. Kendala utama guru dalam menghasilkan karya ilmiah adalah bahwa pengaruh kenaikan pangkat dirasakannya tidak signifikan dalam mengubah kesejahteraan secara langsung

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan karya ilmiah, pendampingan, pengembangan keprofesian berkelanjutan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:06
Last Modified: 14 Nov 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item View Item