Aplikasi Pupuk Hayati Mikoriza pada Beberapa Varietas Bawang Merah di Dusun Penyangget Desa Seteluk Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat

Wahyu Astiko, Astiko and I Made Sudantha, Sudantha and Mery Windarningsih, Mery and Irwan Muthahanas, Irwan Aplikasi Pupuk Hayati Mikoriza pada Beberapa Varietas Bawang Merah di Dusun Penyangget Desa Seteluk Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat. Abdi Insani Unram. ISSN 2356-2935 (Submitted)

[img] Text
WAHYU ASTIKO_RINGKASAN PENYULUHAN PNBP 11 NOP 2018.doc

Download (33kB)
Official URL: http://abdiinsani.unram.ac.id/index.php/jurnal

Abstract

Inovasi teknologi dengan mencoba beberapa varietas unggul bawang merah juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya menerapkan sistim budidaya yang ramah lingkungan, berkelanjutan dan dapat meningkatkan hasil tanaman. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Dusun Penyangget Desa Seteluk Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat yang merupakan kawasan penghasil tanaman bawang merah. Metode yang digunakan dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode pelatihan yang dilanjutkan dengan kerja praktek di lapangan dengan melakukan demonstrasi dan kaji tindak partisipatif aktif (active partisipatory action research). Untuk melihat hasil dari pengabdian pada masyarakat dilakukan evaluasi yang meliputi : rata-rata tinggi tanaman, hasil umbi per petak, kehadiran dan partisipasi peserta dalam mengadopsi teknologi yang diterapkan, dan diskusi selama penyuluhan berlangsung. Hasil demplot aplikasi pupuk hayati mikoriza pada empat varietas bawang merah menunjukan varietas Keta Monca yang berasal dari Bima memberikan pertumbuhan dan hasil yang terbaik dan cocok ditanam di dataran rendah. Kehadiran dan partisipasi petani selama pengabdian kepada masyarakat sangat antusias terhadap penyampaian materi penyuluhan. Pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan sangat baik, terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan relevansi pertanyaan yang diajukan peserta sesuai dengan materi penyuluhan yang disampaikan.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Mikoriza, bawang merah, varietas, pupuk hayati
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Dr.Ir.MP. Wahyu Astiko
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:00
Last Modified: 14 Nov 2018 02:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10049

Actions (login required)

View Item View Item