PEMBINAAN TATALAKSANA LABORATORIUM DAN PELATIHAN TEKNIK MIKROBIOLOGI SERTA HISTOLOGI UNTUK MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH

Tresnani, Galuh and Suryadi, Bambang Fajar and Sarkono, Sarkono and Hidayati, Ernin and Suripto, Suripto (2018) PEMBINAAN TATALAKSANA LABORATORIUM DAN PELATIHAN TEKNIK MIKROBIOLOGI SERTA HISTOLOGI UNTUK MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU SEKOLAH MENENGAH. LPPM UNIVERSITAS MATARAM. (Unpublished)

[img] Text (Ringkasan kegiatan pengabdian pada masyarakat dana PNBP 2018)
Repositori_PPM PNBP 2018 Pembinaan Tatalaksana Lab.docx - Other

Download (15kB)

Abstract

Laboratorium IPA di setiap sekolah pada umumnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti alat dan bahan praktikum yang berupa bahan kimiawi. Pengetahuan penataan laboratorium yang baik secara standar masih belum banyak diketahui oleh guru ataupun tenaga laboratorium di sekolah menengah. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru sekolah menengah agar dapat menata laboratorium sekolahnya dengan baik sesuai standar. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi guru sekolah menengah mengenai ragam praktikum yang dapat menunjang pelajaran IPA di sekolah. Kegiatan pengabdian ini meliputi 4 macam kegiatan teori dan praktek. Kegiatan tersebut antara lain materi dan praktek tatalaksana laboratorium, materi dan praktek teknik mikrobiologi, materi dan praktek histologi serangga kecil, serta materi dan praktek pembuatan nata de coco. Hasil dari kegiatan PPM ini berupa pengetahuan mengenai tatalaksana laboratorium dan beberapa teknik praktikum IPA bagi guru sekolah menengah. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 23 orang dari 25 undangan yang disebarkan. Peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari guru sekolah menengah pertama, atas dan madrasah.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Tatalaksana laboratorium, teknik mikrobiologi, histologi, guru sekolah menengah
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr. Galuh Tresnani
Date Deposited: 14 Nov 2018 03:16
Last Modified: 15 Nov 2018 00:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10052

Actions (login required)

View Item View Item