TANGGUNG JAWAB PEMEGANG SAHAM TERHADAP KERUGIAN YANG DITIMBULKAN AKIBAT PENGHENTIAN OPERASIONAL PERUSAHAAN MENURUT HUKUM POSITIF INDONESIA

MAHAPARSA, DAROSA (2017) TANGGUNG JAWAB PEMEGANG SAHAM TERHADAP KERUGIAN YANG DITIMBULKAN AKIBAT PENGHENTIAN OPERASIONAL PERUSAHAAN MENURUT HUKUM POSITIF INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL FIX DAROS.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah keadaan perseroan dinyatakan pailit akan atau dapat terjadi berbagai permasalahan yang berujang dari tanggung jawab dari masing-masing organ perseroan khususnya pemegang saham. Ada dua masalah yang dibahas dalam penelitian ini yakni mengenai bagaimana tanggung jawab pemegang saham terhadap kerugian akibat penghentian operasional perusahaan dan bagaimana akibat hukum yang ditimbulkan terhadap penghentian operasioanl perusahaan karena kepailitan. Dalam penelitian ini metode pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan perUndang-undangan (Statue Approach) dan pendekatan konseptual (conceptual Approach). Hasil penelitian ini menemukan tanggung jawab pemegang saham tidak hanya sebatas brapa saham yang dimilikinya tetapi ada pengecualian apabila terbukti melakukan kesalahan yang dijelaskan dalam Undang-undang Nomo 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas pasal 3 ayat (2). Kemudian akibat hukumnya adalah apabila terjadi perikatan-perikatan yang sedang berlangsung, dimana terdapat satu atau lebih kewajiban yang belum dilaksanakan oleh debitur pailit, sedang pernyataan pailit telah diucapkan, maka demi hukum perikatan tersebut berakhir, kecuali jika menurut pertimbangan kurator masih dapat dipenuhi dari harta pailit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanggung jawab pemegang saham, Kepailitan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:29
Last Modified: 14 Nov 2018 02:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10060

Actions (login required)

View Item View Item