SOSIALISASI PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK DALAM PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN BURUH WANITA PENGANGKUT PASIR DI DESA MARONG JAMAQ KOTA MATARAM

sri puji, astuti and Rina, Kurnianingsih and Mursal, Ghazali and Sunarpi, sunarpi and Eka Sunarwidi, Prasedya (2018) SOSIALISASI PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK DALAM PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN BURUH WANITA PENGANGKUT PASIR DI DESA MARONG JAMAQ KOTA MATARAM. Universitas Mataram, Fakultas Fatepa Unram.

[img] Text
Repository ringkasan pnbp.docx

Download (13kB)

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan khalayak buruh wanita pengangkut pasir di Desa Marong Jamaq Kelurahan Karang baru Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, telah selesai dilaksanakan. Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan dan mengasah keterampilan membuat produk dekoratif berbahan dasar sampah plastik kresek, memotivasi warga untuk mengembangkan kreativitas dan membuat usaha mandiri berbasis keterampilan mengolah sampah plastik kresek. Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan Focus Group Discussion, yang mencakup pelatihan, pembinaan dan evaluasi untuk memantau keberhasilan kegiatan menggunakan metode observasi. Materi yang disampaikan meliputi bahaya sampah plastik kresek bagi kesehatan dan lingkungan, upaya penanganan sampah plastik kresek skala rumah tangga, melatih pembiasaan dalam menciptakan lingkungan bersih, alternatif pemanfaatan sampah plastik kresek, aneka olahan sampah plastik kresek menjadi bahan dekoratif. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan ini, sebanyak 100% peserta memahami materi yang disampaikan, sebanyak 85% peserta memahami cara pembuatan bahan dekoratif dari sampah plastik kresek, sebanyak 95% peserta termotivasi untuk menerapkan dan mengembangkan aneka model produk dekoratif, dan sebanyak 90% peserta termotivasi untuk memasarkan produk dekoratif yang dibuat.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): sampah plastik kresek, produk dekoratif, Desa Marong Jamaq
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: sri puji astuti
Date Deposited: 14 Nov 2018 03:22
Last Modified: 14 Nov 2018 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10084

Actions (login required)

View Item View Item