Pembinaan dan Pendampingan PWMP di Pulau Lombok

Tajidan, Tajidan (2018) Pembinaan dan Pendampingan PWMP di Pulau Lombok. [Experiment] (Unpublished)

[img] Text
1 Tajidan_ABSTRAK_PKMCSR-2018.docx

Download (22kB)

Abstract

PROSFEK PENUMBUHAN WIRAUSAHAWAN MUDA PERTANIAN DI LOMBOK Prosfect of Youth Agribusiness Interpreneurs In Lombok Tajidan1)*, Efendy2), Halil 3), FX Edy Fernandez 4) 1)Universitas Mataram – Mataram 2)Universitas Mataram – Mataram 3)Universitas Mataram – Mataram 4)Universitas Mataram – Mataram e-mail: m_tajidan@unram.ac.id ABSTRAK. Tujuan dilaksanakannya pengabdian pada masyarakat ini adalah: (1) mempertahankan komitmen alumni sebagai wirausahawan muda pertanian; (2) meningkatan kapasitas dan kemampuan alumni dalam pengelolaan bisnis bidang pertanian; (3) meningkatkan skala usaha melalui penambahan kemampuan pembiayan usaha bidang agribisnis; (4) mengembangan jaringan bisnis (net-working) dan kerjasama pembiayaaan dan pemasaran. Output yang diharapkan sebagai keluaran kegiatan pengabdiandian ini adalah artikel yang diterbitkan di jurnal nasional atau internasional. Untuk mencapai tujuan pengabdian ini maka dilaksanakan dengan pendekatan pembinaan dan pendampingan. Pembinaan dilasanakan dengan metode focus group discussion (FGD), pelatihan dengan metode sekolah lapang agribisnis, dan pendampingan dilasanaan dengan metode problem solving. Dari serangkaian pelaksanaan kegiatan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) komitmen alumni sebagai wirausahawan muda pertanian masih mampu dipertahanan yang ditunjukkan oleh masih kuatnya jiwa dan semangat kewirausahaannya; (2) para alumni yang tergabung dalam Kelompok PWMP memiliki kemampuan dalam meningkatkan kapasitas pengelolaan usaha bidang pertanian diantaranya 3 (tiga) dari 7 (tujuh) Kelompok PWMP telah membuka cabang usaha dan mengangkat karyawan dalam membantu kegiatan produksi dan pelayanan kepada pelanggan; (3) secara umum telah terjadi peningkatan kemampuan pembiayaan yang bersumber dari penyisihan hasil usaha rata-rata sebesar 18,3% sejak bulan November 2017 sampai dengan bulan Juli 2018 atau 2,29%/bulan; (4) pengembangan jaringan bisnis dan pemasaran masih menjadi kendala bagi sebagian besar wirausahawan muda pertanian, kecuali Kelompok PWMP Bintang Tani yang telah memiliki jaringan bisnis dan pelanggan tetap pada aspek pemasaran. Kata kunci: cabang usaha, jaringan bisnis, kemampuan, komitmen, pelanggan ABSTRACT. The objectives of the community service are: (1) maintaining the alumni commitment as agricultural young entrepreneurs; (2) increase the capacity and ability of alumni in the management of business in agriculture; (3) increasing the business scale by adding the ability to finance agribusiness businesses; (4) developing business networks (net-working) and financing and marketing cooperation. The output expected as an output of this service activity is an article published in national or international journals. To achieve the purpose of this service, it is carried out with a coaching and mentoring approach. Coaching is done by the focus group discussion (FGD) method, training with the agribusiness field school method, and mentoring in the problem solving method. From a series of implementation activities can be summarized as follows: (1) the commitment of alumni as young agricultural entrepreneurs is still able to be held which is shown by the still strong spirit and entrepreneurial spirit; (2) the alumni who are members of the PWMP Group have the ability to increase the capacity of business management in agriculture, including 3 (three) of the 7 (seven) PWMP groups that have opened business branches and appointed employees to assist production activities and services to customers; (3) in general there has been an increase in the ability of financing sourced from an average allowance for operating results of 18.3% from November 2017 to July 2018 or 2.29% / month; (4) the development of business networks and marketing is still an obstacle for most young agricultural entrepreneurs, except the PWMP Bintang Tani Group which has a business network and regular customers in the marketing aspect.

Item Type: Experiment
Keywords (Kata Kunci): Keywords: business branch, business network, capability, commitment, customer
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Dr.Ir.MS Tajidan Tajidan
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:16
Last Modified: 15 Nov 2018 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10152

Actions (login required)

View Item View Item