PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 MATARAM

Komariah, Faridatul (2018) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji kemampuan siswa kelas XI SMK Negeri 5 Mataram dalam menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuai pengaruh media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 5 Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian metode Quasi Experimental Design. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitan ini adalah one-group- pretest-posttest. Desain ini hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas eksperimen. Popilasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 5 Mataram. Sampel penelitian ini sebanyak 22 siswa yaitu kelas XI TSM. Instrumen penelitian ini adalah instrument tes uraian. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS for windows versi 22. Berdsarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 59.77 sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 75.68. Nilai signifikasi dari pair pretest-posttest yaitu 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 (0,00 < 0,05). Selain itu, nilai t hitung > t tabel (9,199>1,720). Hal ini menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa media gambar berpengaruh tinggi terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi karena terdapat perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakauana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): teks eksplanasi, media gambar, dan pembelajaran bahasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:26
Last Modified: 16 Nov 2018 00:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item View Item