IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDASARKAN GENDER (Studidi SekolahMenengah Pertama Negeri 1 KediriKecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat)

ADITYA, RIDHO (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDASARKAN GENDER (Studidi SekolahMenengah Pertama Negeri 1 KediriKecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL RIDHO ADITYA.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) latar belakang implementasi pembelajaran berdasarkan gender di SMP Negeri 1 Kediri (2) implementasi pembelajaran berdasarkan gender di SMP Negeri 1 Kediri (3) kelebihan dan kekurangan implementasi pembelajaran berdasarkan gender di SMP Negeri 1 Kediri. Temuan dalam penelitian yaitu: 1) latar belakang implementasi pembelajaran berdasarkan gender adalah: a) berada di wilayah religius; b) laporan dari orang tua siswa; c) kepala sekolah mendapat ilmu kebijakan pemisahan kelas; d) mengurangi kontak fisik siswa. 2) implementasi pembelajaran berdasarkan gender: a) Pada perencanaan, tidak ada perbedaan untuk kelas laki-laki dan perempuan; b) Pada pelaksanaan, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelas laki-laki dan perempuan; c) Pada penilaian, terdapat beberapa perbedaan kriteria penilaian pada siswa laki-laki dan perempuan 3) kelebihan: a) Bagi siswa: lebih konsentrasi, berani mengungkapkan pendapat, leluasa bergaul di kelas, hubungan yang erat antarsiswa, meningkatkan motivasi belajar; b) bagi guru: nyaman mengajar, mudah mengurus kelas, mudah membagi kelompok diskusi, pembelajaran berhasil, memiliki kompetensi kepribadian; c) bagi sekolah: memiliki keunikan, berbaur dengan pendidikan agama sekitar; (c) daya tarik bagi wali murid; (d) jumlah peserta didik meningkat. 3) kekurangan: a) bagi siswa: motivasi belajar berkurang, daya saing berkurang, kelas laki-laki menjadi ribut; perempuan bertingkah semena-mena, tidak terlalu memperhatikan kebersihan kelas; b) bagi guru: belum bisa mengatur kelas laki-laki; harus terlihat galak; Bagi sekolah: belum mampu menambah sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): implementasi pembelajaran, gender
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:26
Last Modified: 16 Nov 2018 00:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10194

Actions (login required)

View Item View Item