ANALISIS PRAGMATIS DALAM NASKAH PELACUR DAN SANG PRESIDEN KARYA RATNA SARUMPAET SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

YANDI, MUHAMAD (2018) ANALISIS PRAGMATIS DALAM NASKAH PELACUR DAN SANG PRESIDEN KARYA RATNA SARUMPAET SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (409kB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pragmatis yang ada dalam naskah Pelacur dan Sang Presiden Karya Ratna Sarumpaet serta hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini mendeskripsikan tentang nilai- nilai pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata, frase, wacana, dialog dan narasi. Sedangkan metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatis. Instrumen penelitian yang digunakan hanya berorientasi pada teks, bukan sekelompok atau individu. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa nilai yang diambil dalam naskah Pelacur dan Sang Presiden Karya Ratna Sarumpaet adalah nilai pendidikan yang meliputi. (I) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Naskah Drama Pelacur dan Sang Presiden Karya Ratna Sarumpaet. (1) Nilai kreatif dan imajinatif peserta didik; segala sesuatu yang dapat menimbulkan dan mengembangkan imajinasi peserta didik, (2) Nilai rasa dan perasaan peserta didik; segala sesuatu yang dapat menumbuhkan kepekaan perasaan batin peserta didik seperti: (a) Rasa kasih sayang dan cinta kasih peserta didik, (b) Rasa kepedulian peserta didik, dan (c) Rasa pengorbanan peserta didik, (3) Nilai kecerdasan peserta didik; kesempurnaan berpikir perkembangan akal budi, kepandaian dan ketajaman menafsirkan makna, (4) Nilai mental dan kepribadian peserta didik; segala sesuatu yang dapat menumbuhkan sikap mental dan kepribadian yang baik dan terpuji, (5) Nilai religius peserta didik; nilai yang berkiatan dengan keesaan Tuhan, (6) Nilai moral peserta didik; segala sesuatu perbuatan baik dan buruknya mengenai perbuatan, sikap, akhlak dan budi pekerti seperti aspek moral berikut: (a) Aspek moral yang fositif, (b) Aspek moral yang negatif. (II) Kaitan nilai pendidikan dalam naskah drama Pelacur dan Sang Presiden Karya Ratna Sarumpaet dengan pembelajaran sastra di SMA. Mengapresiasi sebuah karya sastra khususnya naskah drama baik yang dipentaskan atau tidak dapat meningkatkan kepekaan peserta didik, imajinasi peserta didik, melatih diri untuk berfikir keritis dan pemahamannya terhadap karya sastra, sehingga pembelajaran sastra di SMA dapat bersifat apresiatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pragmatis, Naskah Drama, Pembelajaran sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 15 Nov 2018 01:15
Last Modified: 15 Nov 2018 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10205

Actions (login required)

View Item View Item