PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 42 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SAPARWADI, SAPARWADI (2016) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 42 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E 212 215.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 42 Ampenan Tahun Pelajaran 2015/2016. Peelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre - Experimental Design dengan bentuk “ One - Group Pretest - Posttest Design ”. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV semester II SDN 42 Ampenen tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 34. Teknik pengumpulan data menggunak an teknik tes objektif untuk memperoleh hasil belajar IPS siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes objektif sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukarannya. Uji normalitas menggunkan rumus uji chi kuadrat dan uj i hipotesis meggnunakan uji - t. Diperoleh hasil t - hitung 5,505 sedangkan t - tabel 2,042 pad

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar IPS; Model Discovery Learning .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:26
Last Modified: 16 Nov 2018 00:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10207

Actions (login required)

View Item View Item