PENERAPAN METODE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 MENINTING KECAMATAN BATU LAYAR TAHUN PELAJARAN 2015/201

ISNAINI, ZUHRIATUL (2016) PENERAPAN METODE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 MENINTING KECAMATAN BATU LAYAR TAHUN PELAJARAN 2015/201. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E 212 264.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

Penel itian ini dilata r belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 2 Meninting yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional, dimana guru berperan sebagai subjek pembelajaran dan siswa sangat pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 2 Meninting dengan menerapkan metode pembelajaran Quiz Team. Subjek pene litian ini adalah siswa kelas V. Data h asil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan pada akhir setiap siklus, sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diambil melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dikatakan meningk at jika ≥ 85% siswa mendapat nilai ≥ 70, skor aktivitas guru dan siswa minimal berkatagori “baik” dan “aktif”. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dari 30 orang siswa yang mengikuti tes evaluasi yang berhasil memenuhi KKM 70 adalah 19 orang siswa d engan presentasi ketuntasan 63,33%. Pada hasil penelitian siklus II dari 31 orang siswa yang mengikuti tes evaluasi, 27 orang siswa telah berhasil memenuhi KKM 70 dengan presentasi keberhasilan 87,09%. Dari siklus I dan Siklus II, terjadi peningkatan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Quiz Team, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:25
Last Modified: 16 Nov 2018 00:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10211

Actions (login required)

View Item View Item