PENGELOLAAN TANAH OLEH MASYARAKAT DI KAWASAN TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI (STUDI DI DUSUN JURANG KOAK DESA BEBIDAS KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

Aini, Miftahul (2018) PENGELOLAAN TANAH OLEH MASYARAKAT DI KAWASAN TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI (STUDI DI DUSUN JURANG KOAK DESA BEBIDAS KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Miftahul Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hak masyarakat Jurang Koak yang menempati tanah di kawasan TNGR dan untuk mengetahui status hukum hak atas tanah yang ditempati oleh masyarakat tersebut di kawasan TNGR, karena tanah yang ditempati oleh masyarakat berada dalam wilayah konservasi. Masyarakat membuka tanah hutan menggunakan hak ulayat. Penelitian ini adalah hukum empiris, menggunakan metode pendekatan perundang-undangan, sosiologis, dan konseptual. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa masyarakat Jurang Koak dapat menggunakan hak ulayat apabila masyarakat dapat memenuhi unsur yang disebutkan dalam penjelasan pasal 67 UU Kehutanan sebagai masyarakat adat, dan tanah yang dikuasai merupakan kawasan konservasi TNGR dengan SK No. 298/Menhut-II/2005 sehingga tindakan yang dilakukan masyarakat termasuk perambahan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Masyarakat adat, Kawasan Taman Nasional, Perambahan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:15
Last Modified: 16 Nov 2018 00:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item