PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMBELI GADAI TANAH PERTANIAN MENURUT PERSPEKTIF HUKUM PERTANAHAN (Studi di Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat)

SUBAWANDI, MUH. (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEMBELI GADAI TANAH PERTANIAN MENURUT PERSPEKTIF HUKUM PERTANAHAN (Studi di Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
MUH. SUBAWANDI.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap jual beli gadai tanah pertanian menurut perspektif hukum pertanahan dan untuk mengetahui penyelesaian sengketa para pihak dalam jual beli gadai tanah pertanian ketika terjadi wanprestasi menurut segi hukum adat dan hukum nasional. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, Perlindungan hukum terhadap pelaksanaan gadai tanah menurut hukum pertanahan dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu perlindungan hukum yang preventif dan Perlindungan hukum yang represif. Namun, berdasarakan ahsil penelitian, ketika terjadi sengketa pertanahan antar masyarakat yang ada di wilayah yang menjadi objek penelitian, pola penyelesaian sengketa tersebut jarang terjadi sampai di ranah peradilan karena pola penyelesaian yang dilakukan biasanya selesai pada tingkat mediasi yang dilakukan oleh kepala desa atau kepala adat di wilayah yang menjadi objek penelitian. Kedua, Penyelesaian sengketa gadai tanah biasanya dilakukan dengan cara 2 (dua) hal, diantaranya: a) Jika gadai tanah pertanian tersebut tansaksinya dilakukan dengan sistem adat, maka penyelesaiannya dilakukan dengan musyawarah mufakat. Jika tidak bisa selesai dengan cara tersebut, maka dilakukan mediasi yang melibatkan kepala desa atau kepala adat. b) Jika gadai tanah pertanian tersebut tansaksinya dilakukan dengan hukum nasional maka penyelesaiannya dilakukan melalui jalur litigasi, yaitu Pengadilan Negeri serta jalur non litigasi berupa Konsultasi, Negosiasi, Mediasi, Konsiliasi, dan Arbitrase.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Gadai, Tanah Pertanian
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:12
Last Modified: 16 Nov 2018 00:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10238

Actions (login required)

View Item View Item