Workshop Penguatan Materi Pembelajaran Kalkulus di Sekolah Menengah Atas di Pesantren Haramain Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat

AIN, QURRATUL (2018) Workshop Penguatan Materi Pembelajaran Kalkulus di Sekolah Menengah Atas di Pesantren Haramain Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Abdi Insani Unram. ISSN 2356-2935 (Submitted)

[img] Text
Artikel Pengabdian.docx

Download (146kB)

Abstract

Pembelajaran Matematika dan Sains (MIPA) memiliki peran penting dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) memasuki dunia kehidupannya. Matematika merupakan salah satu komponen utama yang mendukung pola pikir MIPA. Pada hakekatnya, MIPA merupakan sebuah produk dan proses. Produk dari Matematika meliputi fakta, konsep, prinsip, teori dan hukum. Sedangkan, komponen proses meliputi cara-cara memperoleh, mengembangkan dan menerapkan pengetahuan yang mencakup cara kerja, cara berfikir, cara memecahkan masalah dan cara bersikap. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran Matematika diharapkan berjalan sesuai dengan hakekatnya, yaitu sebuah proses pendidikan yang melahirkan siswa yang mampu memahami konsep dasar, mengidentifikasi masalah, menentukan metode penyelesaian, serta mampu memperoleh solusi yang tepat untuk masalah yang diberikan. Namun dalam pelaksanaannya, banyak guru matematika hanya berorientasi pada hasil tanpa “peduli” dengan ketuntasan siswa dalam memahami konsep dasar atau falsafah yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Fenomena dan fakta ini pun terjadi pada guru mata pelajaran matematika di Pesantren Haramain Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Kalkulus merupakan salah satu topik pada bidang matematika yang banyak mendasari kurikulum sekolah, yaitu berkaitan dengan konsep fungsi, limit, diferensial dan integral. Kegiatan pengabdian ini dikemas dalam bentuk workshop atau pelatihan, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru matematika di Pesantren Haramain terhadap konsep dasar Kalkulus dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah, metode terbimbing, problem solving, dan metode diskusi dalam penyelesaian suatu contoh kasus terkait dengan konsep dasar Kalkulus. Setelah mengikuti kegiatan ini, guru secara personal mampu memahami dan mamaknai setiap konsep yang diberikan, serta menyadari pentingnya penguatan konsep dasar pada siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diharapkan kepada para guru untuk melaksanakan pembelajaran matematika yang dapat menghantarkan siswa untuk mampu memahami konsep dan aplikasinya dari materi yang diajarkan, dan selanjutnya siswa tuntas pada materi yang dibelajarkan.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Konsep dasar Kalkulus, workshop, metode ceramah terbimbing, problem solving, diskusi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: M.Sc Qurratul Aini Aini
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:11
Last Modified: 16 Nov 2018 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10247

Actions (login required)

View Item View Item