SHABTYN, ANISAH YANU (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MENGGUNAKAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE KELAS III SDN 1 BAGIK POLAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
E1E212015.pdf Download (839kB) | Preview |
Abstract
P enelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Bagik Polak Barat khususnya dalam pelajaran PKn. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode Inside Outside Circle dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Bagik Polak Barat Tahun Pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Bagik Polak Barat Tah un Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disusun serta adanya peningkatan aktivitas belajar siswa tiap siklusnya. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus II yang meningkat dibandingkan siklus I. Pada siklus I aktivitas siswa berkategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan berkategori aktif. Hasil be lajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus 1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 66,67% yang meningkat pada siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,67%. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Inside Outside Circle yang opti mal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN 1 Bagik Polak
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Aktivitas, Hasil Belajar , Metode Inside Outside Circle |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 00:09 |
Last Modified: | 16 Nov 2018 00:09 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10254 |
Actions (login required)
View Item |