PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN METODE SOMATIC, AUDIOTORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) SISWA KELAS V - B SDN 3 KARANG BONGKOT LABUAPI TAHUN PEL AJARAN 2015/2016

AMIN, ANNISA (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI PENERAPAN METODE SOMATIC, AUDIOTORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) SISWA KELAS V - B SDN 3 KARANG BONGKOT LABUAPI TAHUN PEL AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E212016.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sains siswa kelas V SDN 3 Karang Bongkot tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan metode pembelajaran Somatic, Audiotory, Visualization, Intellectually (SAVI) . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, dan tahap refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes yang berupa tes obyektif dan metode observasi dengan menggunakan lembar observasi. Metode tes digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yan g telah dibahas. Sedangkan metode observasi digunakan untuk mengetahui tingkat aktivitas guru dan siswa dalam melaksanankan pembelajaran dengan memanfaatkan penerapan metode pembelajaran Somatic, Audiotory, Visualization, Intellectually (SAVI) selama pemb elajaran berlangsung. Hasil penelitian diperoleh data aktivitas siswa pada siklus I cukup aktif dengan prosentase aktivitas siswa sebesar 62,5% dari perolehan skor 25, sedangkan aktivitas guru pada siklus I berkategorikan baik dengan prosentase aktivitas g uru sebesar 65,62% dan mendapat perolehan skor 63 , untuk ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 66,67% dari 14 siswa yang tuntas. Pada siklus II aktivitas belajar siswa diperoleh kategori sangat aktif dengan prosentase sebesar 87,5% dari perolehan skor 35 , sedangkan aktivitas guru pada siklus II berkategorikan sangat baik dengan prosentase aktivitas guru sebesar 88.54% dan mendapat perolehan skor 85 , untuk ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 90,47% dari 19 siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat d

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode pembelajaran Audiotory, Visualization, Intellectually (SAVI) , aktivitas siswa, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:09
Last Modified: 16 Nov 2018 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10256

Actions (login required)

View Item View Item