PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY T WO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 2 BAJUR TAHUN AJARAN 2015/2016

SOPARIANA, CAHYA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY T WO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 2 BAJUR TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E212036.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Bajur, hal ini dikarenakan kodisi sosial orang tua siswa menengah kebawah, kurangnya kemampuan siswa untuk mencerna pembelajaran, kurangnya kemampuan gur u dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Bajur tahun ajaran 2015 / 2016. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran koopera tif tipe Two Stay Two Stray (dua tinggal dua tamu) dapa tmeningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Bajur tahun ajaran 2015 / 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukan guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disusun serta adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II yang meningkat dibandingkan dengan siklus I. Pada siklus I aktivitas siswa dengan skor 34 dengan katagori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan skor 44 dengan katagori aktif. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus 1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 71,42% yang meningkat pad asiklus II dengan ktuntasan klasikal sebesar 85,71%. Dengan demiki an dapat disim

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Two Stay Two S tray ,Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:04
Last Modified: 16 Nov 2018 00:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10275

Actions (login required)

View Item View Item