MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS IV SDN 1 KEDIRI SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Gunayasa, Ida Bagus Kade (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS IV SDN 1 KEDIRI SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E212040.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor : 1) faktor siswa, 2) faktor guru 3) faktor orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS SDN 1 Kediri Selatan melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching . Penelitian ini melibatkan 26 orang siswa kelas IV sebagai subjek peneliti, dan guru wali kelas IV yang bertindak sebagai observer . Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam bentuk siklus deng an tahapan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Penggunaan data observasi siswa dan guru dalam menerapkan model pembelajaran yang dinilai oleh guru wali kelas IV. Tes evaluasi untuk data hasil belajar siswa berdasarkan analis is data menunjukan bahwa, ketuntasan klasikal siswa meningkat dari data hasil mid semester yaitu 50% dan meningkat pada siklus I menjadi 69,23% dan meningkat juga pada siklus II menjadi 88,46%. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dinyatakan tunta s karena telah tercapainya seluruh indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu hasil belajar siswa meningkat jika ≥85% siswa mendapat nilai =/≥70. Peningkatan nilai rata - rata tiap sikl

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar IPS , model pembelajaran Quantum Teaching .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:04
Last Modified: 16 Nov 2018 00:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10276

Actions (login required)

View Item View Item