PENERAPAN TEKNIK PROBING - PROMPTING (MEN GGALI - MENUNTUN) DENGAN MEDIA GAMBAR VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 TANJUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

JUNIARTIN, I GUSTI AYU PUTU (2016) PENERAPAN TEKNIK PROBING - PROMPTING (MEN GGALI - MENUNTUN) DENGAN MEDIA GAMBAR VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 TANJUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E212087.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa belum mencapai KKM secara maksimal pada mata pelajaran IPS kelas IV. Salah satu penyebabnya yaitu guru masih mendominasi pembelajaran dan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam penel itian ini adalah bagaimanakah penerapan tekni k probing - prompting (menggali - menuntun) dengan media gambar visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Tanjung tahun ajaran 2015/2016?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan teknik probing - prompting dengan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam d ua siklus dengan metode pengumpulan data yakni tes untuk hasil belajar siswa pada setiap pertemuan, serta observasi untuk aktivitas siswa dan guru diperoleh melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peni

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar IPS, Teknik Probing - prompting, Media Gambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:04
Last Modified: 16 Nov 2018 00:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10280

Actions (login required)

View Item View Item