PENGGUNAAN ALAT PERAGA CONGKLAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 37 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Uzmi, Jannat ul (2016) PENGGUNAAN ALAT PERAGA CONGKLAK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 37 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E212106.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya di SDN 37 Mataram pada siswa kelas III. Hal ini dikarenakan guru dalam proses belajar mengajar hany a menggu nakan ceramah, siswa hanya meng hafal dan guru jarang menggunakan alat peraga sebagai pemberi informasi, sehingga mengakibatkan hasil belajar terutama matematika sangat kurang. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pe mbagian maka digunakanlah Alat Peraga Congklak . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaa tinda kan, observasi, evaluasi, dan refleks i. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalh siswa kelas III berjumlah 32 orang. Hasil pene litian menunjukkan bahwa skor aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu dari siklus I memperoleh skor 14 berkategori baik, pada siklus II memperoleh skor 17 berkategori sangat baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I yaitu 41 berkategori cukup aktif, pada siklus II menjadi 56 berkategori aktif. Dengan demi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Peraga Congklak , Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:03
Last Modified: 16 Nov 2018 00:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10282

Actions (login required)

View Item View Item