ANALISIS MAKNA DAN FUNGSI MANTRA MASYARAKAT BIMA DI DESA NA’E KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA: TINJAUAN ARKETIPEL PRAGMATIK

Ifadah, Nur (2018) ANALISIS MAKNA DAN FUNGSI MANTRA MASYARAKAT BIMA DI DESA NA’E KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA: TINJAUAN ARKETIPEL PRAGMATIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL Nur Ifadah (E1C114079).pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Makna dan Fungsi Mantra Masyarakat Bima di Desa Na’e Kecamatan Sape Kabupaten Bima: Tinjauan Arketipel Pragmatik”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah makna mantra yang ada pada masyarakat Bima khususnya di Kecamatan Sape? (2) Bagaimanakah fungsi mantra pada masyarakat Bima khususnya di Kecamatan Sape? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan makna mantra yang ada pada masyarakat Bima khususnya di Kecamatan Sape. (2) Mendeskripsikan fungsi mantra pada masyarakat Bima khususnya di Kecamatan Sape. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian etnografi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah rekam, pencatatan, wawancara, seleksi data, keabsahan data, pengalihan wacana lisan ke tulis dan teks, dan penerjemahan wacana lisan. Metode analisis data menggunakan metode etnografi, langkah-langkah menganalisis data penelitian ini adalah. Analisis makna menggunakan pendekatan hermeneutika sedangkan analisis fungsi menggunakan kajian arketipel pragmatik. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa banyak terdapat makna, antara lain makna kedamaian, kekebalan, keselamatan, dan kesakitan. Fungsi mantra itu sendiri sesuai dengan tujuan pembacaan mantra. Fungsi-fungsi tersebut antara lain, sebagai perlindungan atau pertolongan, pengasihan, pengobatan atau penyembuhan, kekebalan tubuh, pendatang jodoh, dan penglaris dagangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Makna, Fungsi Mantra, dan Tinjauan Arketipel Pragmatik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Nov 2018 04:02
Last Modified: 16 Nov 2018 04:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10313

Actions (login required)

View Item View Item