PENGARUH MEDIA ADOBE FLASH ROFESSIONAL CS5.5 TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMADIYAH MATARAM 2018/2019

JUANA, HARTINA (2018) PENGARUH MEDIA ADOBE FLASH ROFESSIONAL CS5.5 TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMADIYAH MATARAM 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal .pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VII di SMP Muhamadiyah Mataram. Hal ini disebabkan oleh siswa yang belum mampu menyusun surat dinas serta kurangnya media yang digunakan oleh guru untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan menulisnya. Penelitian ini merupakan penelitian pre- eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional CS5.5 untuk Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Mataram Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019?” Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan media berbasis Adobe Flash Professional CS5.5 dalam Pembelajaran Menulis surat dinas Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Mataram. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu varibel bebas yang berupa media berbasis Adobe Flash Professional CS5.5 dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis surat dinas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Mataram yang berjumlah 12 siswa. Sampel dalam penelian ini adalah kelas VIII SMP Muahammadiyah Mataram dengan jumlah siswa 12 siswa, teknik pengambilan sampel adalah Nonprobailti sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu tes yang berisi perintah untuk menulis surat dinas berdasarkan jenis surat dinas pengumuman, berdasarkan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Professional CS5.5 yang dibagikan oleh peneliti. Tes diberikan 2 kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db= N-1= 12-1=11 (th:5,67 > tt: 1,80), sehingga dinyatakan signifikan. Maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan “Terdapat pengaruh penerapan media berbasis adobe flash professional cs5.5 dibandingkan dengan tidak menggunakan media adobe flash professional cs5.s sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dalam pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019.”

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Berbasis Adobe Flash Professional CS5.5, Keterampilan Menulis, Surat Dinas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Nov 2018 04:00
Last Modified: 16 Nov 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10327

Actions (login required)

View Item View Item