PENGARUH PENAMBAHAN SERAT BENDRAT DAN PENAMBAHAN SERBUK KACA SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT HALUS TERHADAP SIFAT MEKANIK BETON

Uluhiyah, Abdalia (2018) PENGARUH PENAMBAHAN SERAT BENDRAT DAN PENAMBAHAN SERBUK KACA SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT HALUS TERHADAP SIFAT MEKANIK BETON. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
2. ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Beton merupakan bahan utama konstruksi yang banyak digunakan saat ini dikarenakan mudah dibentuk sesuai keinginan dan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan bahan konstruksi lainnya, akan tetapi beton dianggap tidak mampu dengan baik menahan beban tarik. Kuat tarik beton dapat ditingkatkan dengan penambahan serat, salah satunya adalah serat bendrat. Selain dihadapkan dengan permasalahan bagaimana cara meningkatkan kuat tarik beton, saat ini kebutuhan akan material bahan penyusun beton seperti pasir semakin sulit didapatkan dan ekploitasi yang berlebihan. Disisi lain jumlah limbah kaca terus meningkat karena pemanfaatan limbah kaca masih terbatas, sehingga limbah kaca ini digunakan sebagai subtitusi pasir dalam campuran beton. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan serat bendrat dan serbuk kaca terhadap sifat mekanik beton. Pada penelitian ini digunakan serat bendrat dengan variasi 0%; 0,5%; 1% dan 1,5% dengan tambahan serbuk kaca 10% terhadap volume pasir. Panjang serat bendrat yang digunakan 60 mm dengan diameter 1 mm, sedangkan ukuran serbuk kaca yang digunakan lolos saringan 4.75 mm dan tertahan disaringan No. 200. Kuat tekan beton yang direncanakan adalah 25 MPa. Pengujian yang dilakukan berupa pengujian kuat tekan, kuat tarik belah, modulus runtuh dan kuat geser beton. Hasil pengujian menunjukan bahwa penambahan serat akan mengurangi workability. Hal ini ditunjukan dengan menurunnya nilai slump pada beton, dikarenakan pada beton dengan tambahan serat mengakibatkan kemampuan flowable campuran beton menurun karena terhalang oleh adanya serat kawat bendrat. Dari hasil pengujian kuat tekan, kuat tarik belah, modulus runtuh dan kuat geser diperoleh proporsi optimum pada variasi serat bendrat 0,5% dengan tambahan kaca 10% dengan nilai berturut-turut 32,62 MPa; 3,82 MPa; 4,64 MPa; 16.25 MPa dengan persentase peningkatan berturut-turut 18,9%; 20,01%; 5,95%; 31,81% dari beton normal. Sedangkan nilai modulus elastisitas maksimum didapatkan pada variasi serat bendrat 1% dengan tambahan kaca 10% dengan persentase peningkatan 20,792% dari nilai modulus elastisitas beton normal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Serat Bendrat, Serbuk Kaca, Sifat Mekanik Beton.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Nov 2018 04:00
Last Modified: 16 Nov 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10330

Actions (login required)

View Item View Item