PENGARUH SERBUK KACA SEBAGAI BAHAN PENGGANTI SEBAGIAN AGEGAT HALUS PADA BETON MUTU TINGGI The Effect of Glass Waste as Partial Replacement of Fine Aggregate on the High Strenght Concrete

Asih, Ananda Welas (2018) PENGARUH SERBUK KACA SEBAGAI BAHAN PENGGANTI SEBAGIAN AGEGAT HALUS PADA BETON MUTU TINGGI The Effect of Glass Waste as Partial Replacement of Fine Aggregate on the High Strenght Concrete. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beton menjadi salah satu pilihan bahan struktur yang digunakan sebagai bahan konstruksi pada bidang struktur seperti gedung,jembatan,jalan,dan sebagainya. Dimana diperlukan beton mutu tinggi untuk memenuhi kebutuhan bangunan bertingkat tinggi dan jembatan berbentang panjang. Selain itu juga dengan memperhatikan adanya limbah kaca baik yang berasal dari industri ataupun pembongkaran bangunan dan dari rumah tangga dalam jumlah besar, maka memungkinkan dimanfaatkan sekaligus sebagai alternatif solusi permasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh limbah kaca. Sehingga dilakukan kajian untuk mengetahui pengaruh serbuk kaca sebagai substitusi pasir terhadap sifat mekanik pada beton mutu tinggi. Pada penelitian ini digunakan serbuk kaca sebagai substitusi pasir dengan proporsi 0%,5%,10%,15% dan 20% terhadap volume pasir,dengan ukuran serbuk kaca yaitu lolos saringan 4.75mm dan tertahan disaringan No.200. Pengujian yang dilakukan yaitu uji kuat tekan, kuat tarik belah, modulus runtuh dan kuat geser beton dimana benda uji yang digunakan telah dilakukan perawatan selama 28hari. Hasil pengujian menunjukkan bahwa proporsi maksimum serbuk kaca didapatkan pada variasi 5% yaitu pada pengujian tarik belah, modulus runtuh dan kuat geser beton mengalami peningkatan rata-rata berturut-turut sebesar 45.378%, 13.415%, dan 12.59%. Sedangkan pada pengujian kuat tekan didapatkan proporsi maksimum pada variasi 10% dengan peningkatan sebesar 7.957%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Serbuk Kaca,Beton Mutu Tinggi, Sifat Mekanik Beton
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Nov 2018 04:00
Last Modified: 16 Nov 2018 04:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10335

Actions (login required)

View Item View Item