PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 22 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2015/2016

RUMITANINGSIH, NI WAYAN WENI (2016) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 22 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL NI WAYAN WENI R..pdf

Download (955kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 22 Cakranegara tahun Pelajaran 2015/2016. Berangkat dari permasalahan minimnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS yang ketuntasan klasikalnya hanya mencapai 56,25%, dimana ada 18 orang dari 32 orang siswa yang mencapai nilai KKM ≥68, mengantarkan peneliti untuk melakukan penelitian dengan menerapkan metode Index Card Match. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data hasil belajar IPS siswa diperoleh dari hasil evaluasi yang menggunakan metode tes dengan 10 soal pilihan ganda. Sedangkan untuk data aktivitas guru dan siswa diperoleh menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 22 Cakranegara. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata skor aktivitas guru sebesar 76,5 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 94,5 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Untuk rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71 dengan kategori cukup aktif meningkat menjad

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Index Card Match, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:33
Last Modified: 17 Nov 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item View Item