UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS II SDN 1 SEPAKEK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NURFATMAH, NURFATMAH (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK KELAS II SDN 1 SEPAKEK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL NURHAYATI.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas 2 SDN 1 Sepakek. Hal ini disebabkan karena siswa merasa jauh dengan matematika dan menganggap matematika tidak ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, selain itu merupakan pelajaran yang kurang menarik dan sulit untuk dipelajari. Sehingga dalam hal ini dibutuhkan suatu strategi atau pendekatan pembelajaran yang dapat menarik minat dan keinginan siswa untuk mempelajari matematika.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pendekatan pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas 2 SDN 1 Sepakek tahun pelajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 SDN 1 Sepakek dengan menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi dan tes. Pada siklus I diperoleh skor aktivitas guru sebesar 58,6 dengan kategori cukup baik dan a

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Pendekatan Matematika Realistik Matematika (RME)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:33
Last Modified: 17 Nov 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10359

Actions (login required)

View Item View Item