PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SDN 2 JURANG JALER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nurhayati, Nurhayati (2016) PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SDN 2 JURANG JALER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL NURHAYATI.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca menulis permulaan siswa kelas II SDN 2 Jurang Jaler tahun pelajaran 2015/2016. Dengan penggunaan media Crossword puzzle melalui 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Pengumpulan data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata keterampilan membaca 68,15 dengan ketuntasan klasikal 68% berkategori baik dan nilai rata- rata keterampilan menulis 66,31 dengan ketuntasan klasikal 63%, berkategori baik, sedangkan skor aktivitas guru 19,99 dengan kategori baik, dan skor aktivitas siswa 22,31 dengan kategori baik. Kemudian pada siklus II, data keterampilan membaca dan menulis permulaan dan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan yakni rata-rata keterampilan membaca 80,26 dengan ketuntasan klasikal 89% berkategori sangat baik dan rata-rata keter

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Crossword Puzzle, Ketrampilan membaca , Keterampilan menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:32
Last Modified: 17 Nov 2018 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item View Item