Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuri (LKPD BI) Melalui Pola Lesson Study Bagi Guru-Guru di SMAN 1 Kediri

Hikmawati, Hikmawati and Jufri, A Wahab and Sutrio, Sutrio (2018) Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuri (LKPD BI) Melalui Pola Lesson Study Bagi Guru-Guru di SMAN 1 Kediri. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 1 (2). pp. 215-222. ISSN e-ISSN 2614-7939

[img] Text
abstrak pengabdian BOPTN.docx

Download (14kB)

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuri (LKPD BI) merupakan lembaran yang berisi panduan bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan penyelidikan menggunakan keterampilan proses melalui aktivitas merumuskan masalah, membuat hipotesis, melaksanakan percobaan, mengumpulkan dan mengolah data, dan mengkomunikasikan hasil temuannya dalam masyarakat belajar. Berdasarkan wawancara dengan guru-guru di SMAN 1 Kediri, diperoleh informasi bahwa kreativitas guru dalam menyusun LKPD BI masih belum optimal. Penggunaan perangkat pembelajaran berupa LKPD menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan peserta didik dalam memahami konsep-kosep dari materi yang diajarkan guru. Laporan Hasil UN tahun 2017 menunjukkan nilai Ujian Nasional (UN) peserta didik di SMAN 1 Kediri masih rendah (di bawah nilai 50), yakni nilai rerata untuk Program Studi IPA sebesar 43,16, Program Studi IPS sebesar 38,89, dan Program Studi Bahasa sebesar 42,36. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuri (LKPD BI) melalui pola Lesson Study bagi Guru-Guru di SMAN 1 Kediri. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PkM CSR) 2018; (2) Artikel ilmiah dalam Jurnal JPPM FKIP Unram; (3) Buku teks “Lesson Study” ISBN 978-602-52849-6-0; (4) HKI Nomor pencatatan: 000122739; (5) Pernyataan pemanfaatan hasil pengabdian oleh Mitra (SMA Negeri 1 Kediri); (6) Ringkasan hasil pengabdian yang diupload di Repository Unram. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan akan berpola Lesson Study yaitu: (1) Tahap Plan (Perencanaan), dosen memberikan materi tentang LKPD BI dilanjutkan dengan penyusunan LKPD BI oleh kelompok-kelompok guru; (2) Tahap Do (Pelaksanaan), guru model mensimulasikan LKPD BI yang telah disusun bersama dalam kelompok melalui kegiatan peer teaching, dosen bertindak sebagai observer untuk mengamati dan mencatat hal-hal penting yang terjadi selama kegiatan simulasi, sedangkan guru lainnya sebagai siswa; (3) Tahap See (Refleksi), guru model menceritakan pengalamannya tentang simulasi LKPD BI, dan observer memberikan komentar berupa saran membangun untuk perbaikan; (4) Pemberian Angket Respon Guru terhadap LKPD BI dan Lesson Study. Kegiatan pengabdian dilaksanakan tanggal 29 September 2018 dengan peserta sebanyak 27 orang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan tambahan informasi dan pengalaman bagi guru dalam menyusun LKPD BI dan praktek lesson study.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): LKPD, inkuiri, lesson study
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Hikmawati Hikmawati
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:23
Last Modified: 17 Nov 2018 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10369

Actions (login required)

View Item View Item