PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 8 MATARAM TAHUN PELAJARA 2017/2018.

ARDIANI, HUSNA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 8 MATARAM TAHUN PELAJARA 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
artikel husna ardiani p. biologi nim E1A1013018.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning pada pokok bahasan ekosistem terhadap hasil belajar ipa terpadu siswa kelas VII SMPN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dan esay. Nilai rata-rata pre test dan post test untuk kelas kontrol, berturut- turut adalah 32,52 dan 65,97, sedangkan untuk kelas eksperimen nilai rata-rata pre test dan post test dengan berturut- turut adalah 42,97 dan 70,55. Data hasil uji hipotesis menunjukkan thitung = 2 yang lebih besar dari ttabel = 1,66. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar pokok bahasan ekosistem pada siswa kelas VII di SMPN 8 Mataram Tahun 2017\2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem based learning, Hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:28
Last Modified: 17 Nov 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10387

Actions (login required)

View Item View Item