PENGARUH MEDIA PERTUMBUHAN PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH BELUT (Monopterus albus) THE EFFECT OF DIFFERENT NATURAL FEED GROWTH MEDIA ON THE GROWTH OF EEL (Monopterus albus)

Peninta Kasih, Annisa Peninta (2018) PENGARUH MEDIA PERTUMBUHAN PAKAN ALAMI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH BELUT (Monopterus albus) THE EFFECT OF DIFFERENT NATURAL FEED GROWTH MEDIA ON THE GROWTH OF EEL (Monopterus albus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL (ANNISA PENINTA KASIH).pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui media pertumbuhan pakan alami yang paling tepat bagi ketersediaan makanan dalam meningkatkan pertumbuhan belut, penelitian dilaksanakan di Kantor Dinas Perikanan Kota Mataram dari bulan Januari – Februari 2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan, yaitu : (A) dengan media lumpur sawah (100%) + air, (B) media lumpur sawah (50%) + air, jerami (15%), pelepah pisang (15%) serta tambahan ampas tahu (20%), (C) media lumpur sawah (50%) + air, jerami (15%), pelepah pisang (15%) serta tambahan baglog jamur (20%), (D) media lumpur sawah (50%) + air, jerami (10%), pelepah pisang (10%) serta tambahan ampas tahu (15%) dan baglog jamur (15%). Data perhitungan dianalisis dengan menggunakan ANOVA pada taraf 5% dan dilakukan uji kanjut Tukey pada taraf 5% jika hasil menunjukkan perbedaan yang signifikan. Data parameter kualitas air dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media yang berbeda memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan belut. Perlakuan dengan nilai pertumbuhan tertinggi yaitu pada perlakuan D dengan penambahan media jerami, pelepah pisang, baglog jamur dan ampas tahu sebesar 21.27 gr.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Belut, media yang berbeda, pakan alami, pertumbuhan,
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:26
Last Modified: 17 Nov 2018 01:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10395

Actions (login required)

View Item View Item