AN ANALYSIS OF THE CULTURAL CONTENT OF ENGLISH TEXTBOOKS OF GRADE X, XI AND XII IN ACADEMIC YEAR 2018/2019

MARDIANA, YULINDA (2017) AN ANALYSIS OF THE CULTURAL CONTENT OF ENGLISH TEXTBOOKS OF GRADE X, XI AND XII IN ACADEMIC YEAR 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal skripsi new PRINT BURN.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa unsur budaya dalam buku Bahasa Inggris untuk kelas X, XI, dan XII yang berjudul “Buku Bahasa Inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK” yang diterbitkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari teks bacaa, gambar, dan aktivitas budaya (tugas) dalam buku. Penelitian ini dikategorikan sebagai deskriptif kualitatif, dimana untuk memperoleh data, dengan menganalisa unsur budaya dengan membaca keseluruhan isi buku dan dengan mengkategorikan setiap teks bacaan, gambar dan aktivitas budaya. Untuk mengungkapkan budaya apa yang digambarkan dalam buku, konten budaya dikategorikan kepada budaya sumber (pembaca), budaya target, dan budaya internasional dengan teori dari Cortazzin dan Jin (1999), dan budaya netral yang diusulkan oleh Aliakbari (2004). Sementara itu, untuk mengungkapkan bagaimana budaya itu digambarkan, konten budaya tersebut dikategorikan kepada makna estetika, makna sosiologis, makna semantik, dan makna pragmatik (Adaskou Britten & Fahsi, 1990). Data ditemukan bahwa buku tersebut menunjukkan ketidakseimbangan frekuensi dalam hal budaya. Budaya sumber lebih sering ditemukan dengan 9 kali kemuculan atau 53 % dari budaya lainnya. Namun, buku yang digunakan oleh kelas XI lebih banyak menampilkan budaya target dengan 8 kali kemunculan atau 33 % dari total budaya lainnya. Sebaliknya, dengan jelas pada buku kelas XII budaya netral lebih banyak ditemukan dengan total kemunculan sebanyak 13 kali atau 52 %. Terkait dengan bagaimana caranya budaya ditampilkan, budaya sumber dan budaya target ditampilkan dengan sangat bagus untuk kelas X, XI dan XII dalam makna sosiologi sebab makna ini memainkan peran penting dalam mempromosikan kemampuan komunikasi antar pelajar bahasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Katageori budaya, empat makna dalam budaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:32
Last Modified: 17 Nov 2018 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10400

Actions (login required)

View Item View Item