AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ERRORS IN WRITING NARRATIVE TEXT: A CASE STUDY AT THE ELEVENTH GRADE OF SMA MUHAMMADIYAH MATARAM ACADEMIC YEAR 2018/2019

PUTRA, TOMI HARYADI ANDISA (2018) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ERRORS IN WRITING NARRATIVE TEXT: A CASE STUDY AT THE ELEVENTH GRADE OF SMA MUHAMMADIYAH MATARAM ACADEMIC YEAR 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JOURNAL TOMI HARYADI ANDISA PUTRA NIM. E1D112127.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Bahasa inggris kini menjadi mata pelajaran yang terkenal di Negara ini. Dalam hal penulisan, terutama pada text narrative, penggunaan tata bahasa yang tepat sangat perlu di kuasai oleh siswa. Pada tingkat kelas dua SMA Muhammadiyah Mataram, dimana penelitian ini di laksanakan, penelitian mengenai analisis kesalahan siswa dalam penulisan teks narrative menggunakan tes tulis dan kuisioner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan tipe kesalahan yang di buat oleh siswa kelad dua SMA Muhammadiyah Mataram dalam menyusun tulisan teks narativ. Dalam ppengumpulan data, siswa diberikan tugas dalam bentuk tes menulis teks naratif dan kuisioner sebagai pendukung data. Data dari hasil tes tulis yang diberikan kepada siswa menunjukkan tipe kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam menulis teks naratif. Tipe kesalahan yang dibuat oleh siswa menunjukkan 22 % kesalahan dalam penghilangan kata, 30 % dalam penambahan kata, 37% dalam penulisan keterangan yang salah dan 11 % kesalahan dalam peletakan kata dalam kalimat. Selanjutnya, data dari kuisioner menamahkan penyebab dari kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam menulis teks naratif. Data tersebut menunjukkan bahwa 57 % siswa memiliki pengetahuan yang kurang dalam menulis teks naratif, sehingga mereka membuat kesalahan dalam menyusun teks naratif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teks Naratif,, Tata Bahasa, Analisis Kesalahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Nov 2018 04:27
Last Modified: 17 Nov 2018 04:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10408

Actions (login required)

View Item View Item