ORIENTASI NILAI RELIGIUS TOKOH FAHRI DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN KAITANNYA DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

Mala, Dwi Piayayanti (2018) ORIENTASI NILAI RELIGIUS TOKOH FAHRI DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL-SHIRAZY DAN KAITANNYA DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindakan sosial yang berorientasi nilai religius pada tokoh Fahri dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy perspektif Max Weber dan kaitan tindakan sosial yang berorientasi nilai religius pada tokoh Fahri dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan teknik catat. Metode analisis data menggunakan teori dari Max Weber tentang tindakan sosial yang berorientasi nilai. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) tindakan sosial Fahri cenderung berorientasi nilai religius yang meliputi empat akhlak yakni akhlak terhadap Allah Ta’ala, akhlak terhadap keluarga, akhlak terhadap diri sendiri dan akhlak terhadap masyarakat. Akhlak terhadap Allah dicerminkan dengan beribadah, tawakal dan takwa. Akhlak terhadap keluarga dicerminkan dengan berbakti kepada orangtua, berbuat baik kepada istri, dan musyawarah. Akhlak terhadap diri sendiri dicerminkan dengan amanah, keberanian berkata benar, dan meninggalkan perbuatan suap. Akhlak terhadap masyarakat dicerminkan menghormati atau menghargai orangtua dan wanita, memberi hadiah kepada orang lain, adab bergaul dengan lawan jenis, memuliakan tetangga, dan toleransi kepada nonmuslim. (2) kaitan nilai religius dengan nilai-nilai pendidikan karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, bersahabat atau komunikatif, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): nilai religius, tindakan sosial, pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Nov 2018 04:26
Last Modified: 17 Nov 2018 04:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10421

Actions (login required)

View Item View Item