PEN ERAPAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGJATKAN HASIL BE LAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 4 W ANASABA TAHUNPELAJARAN 2015/2016

JAMALULLAIL, K OMALA S. (2016) PEN ERAPAN METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGJATKAN HASIL BE LAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 4 W ANASABA TAHUNPELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
KOMALA S JAMALULLAIL NIM E1E212115.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas I V SDN 4 ditemukan masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru kurang menerapkan suatu metode yang dapat membuat siswa aktif dalam belajar, sehingga siswa kurang terlibat selama proses pembelajaran dan menyeb abkan siswa sibuk sendiri serta terlihat bermain dengan teman duduknya. Oleh karena itu, dilaksanakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Insaide outside circle pada siswa kelas IV SDN 4 Wanasa ba . Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan mel akukan observasi dan tes. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes tertulis (kognitif) berupa isian, penilaian afektif didapat selama proses pembelajaran menggunakan skala sikap, dan penilaian psikomotor berupa penilaian produk dengan memberikan tugas menggambar secara sederhana sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan. Berdasark

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): lmu Pengetahuan Alam, Metode inside outside circle , Hasil Belaja r.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 17 Nov 2018 04:26
Last Modified: 17 Nov 2018 04:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10423

Actions (login required)

View Item View Item