PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PQ4R PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 GERUNUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Fatia, Nurul (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PQ4R PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 GERUNUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Nurul Fatia.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

T ujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan strategi PQ4R di kelas IV SDN 1 Gerunung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Pengumpulan data hasil penelitian menunjukkan nilai rata - rata siswa pada siklus I adalah 68.8 dan siklus II adalah 73.7. Terjadinya peningkatan nilai rata - rata dari siklus I ke siklus II adalah 4.9. Sedangkan skor ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I ada

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi PQ4R, Aktivitas, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 17 Nov 2018 04:25
Last Modified: 17 Nov 2018 04:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10438

Actions (login required)

View Item View Item