NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL “HAFALAN SHALAT DELISA” KARYA TERE LIYE SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA BAGI SISWA DI SMP

BEKASIWATI, DWI KUSUMA (2018) NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL “HAFALAN SHALAT DELISA” KARYA TERE LIYE SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA BAGI SISWA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai religious yang terkandung dalam novel “Hafalan Shalat Delisa” karya Tere Liye serta keterkaitannya dengan pembelajarn di sekolah yakni khususnya kelayakan novel tersebut sebagai alternatif bahan ajar mata pelajaran Apresiasi Sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai religious yang terkandung dalam novel “Hafalan Shalat Delisa” karya Tere Liye serta untuk mengetahui kelayakan nya sebagai bahan ajar mata pelajaran Apresiasi Sastra di sekolah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori religiusitas dalam sastra secara umum dan teori religiusitas dalam pokok ajaran Islam menurut Muhammad Ali Daud. Data dalam penelitian ini adalah petikan novel yang berisikan nilai religiusitas dan sumber datanya adalah novel “Hafalan Shalat Delisa” karya Tere Liye. Metode pengumpulan data dilakukan adalah dengan metode studi kepustakaan dan metode baca-catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah novel “Hafalan Shalat Delisa” karya Tere Liye sangat sarat akan kandungan nilai religiusitas yaitu Akidah (keimanan), yang meliputi iman kepada Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada Malaikat, iman kepada Kitab-Kitab Allah,iman kepada Takdir Allah. Selain aspek Akidah, novel tersebut juga sarat akan nilai religiusitas Syari’ah (ibadah) yang meliputi perintah shalat, menuntut ilmu, beramal dengan tulus dan ikhlas, berzikir dan berdo’a kepada Allah. Yang terakhir adalah nilai religiusitas Akhlak (budi pekerti) yang meliputi akhlak terhadap diri sendiri (sabar, optimis, amanah, bersyukur, menerima hidayah, dan menghindarkan diri dari sikap marah), akhlak kepada kedua orang tua (larangan durhaka terhadap kedua orang tua), akhlak terhadap keluarga, akhlak terhadap saudara, akhlak terhadap sesame (memberi salam dan tolong menolong), dan akhlak terhadap anak yatim.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai, Religiusitas, Akidah, Akhlak, Syari’ah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 17 Nov 2018 04:24
Last Modified: 17 Nov 2018 04:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10445

Actions (login required)

View Item View Item