ANALISIS INTRINSIK DAN EKSTRINSIK NOVEL TAMBELO (MENITI HARI DI OTTAKWA) KARYA REDHITE KURNIAWAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

SARI, CITRA DINA (2018) ANALISIS INTRINSIK DAN EKSTRINSIK NOVEL TAMBELO (MENITI HARI DI OTTAKWA) KARYA REDHITE KURNIAWAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI CITRA DINA SARI.pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis intrinsik dan ekstrinsik novel Tambelo (Meniti Hari di Ottakwa) Karya Redhite Kurniawan dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA” ini mengangkat masalah bagaimanakah unsure intrinsik dan ekstrinsik yang terdapat dalam novel beserta relevansinya dengan materi pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian yang kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari novel Tambelo (Meniti Hari di Ottakwa) Karya Redhite Kurniawan. Data diperoleh dengan metode baca, metode studi kepustakaan, metode catat. Dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel adalah: a) tema yaitu “janganlah terlalu larut dalam penyesalan,kesedihan maupun keterpurukan, sesungguhnya setiap peristiwa yang terjadi pasti ada hikmahnya” b) tokoh yaitu dengan tokoh utama “Roni” serta tokoh lain sebagai tokoh pembantunya c) latar/setting yaitu latar tempat, latar waktu dan latar suasana, d) alur/plot yaitu alur campuran yang diawali dengan perkenalan, pemunculan konflik, konflik meningkat, klimaks, dan penyelesaian e) amanatnya yaitu Setiap masalah yang sedang dihadapi mau itu masalah besar ataupun kecil janganlah terus-menerus terlarut dalam penyesalan, kesedihan maupun keterpurukan, percayalah bahwa setiap masalah dialami jika dilewati dengan berdoa, sabar, dan bersyukur maka ada hikmahnya. Selain itu juga di manapun kita ditempatkan di bumi ini kita harus patut mensyukurinya. 2) unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel adalah a) nilai religius b) nilai moral c) nilai sosial d) pengembangan imajinasi e) pengembangan perasaan f) pengembangan intelektual g) Relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA yaitu siswa dapat memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): novel, intrinsik, ekstrinsik, pembelajaran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 19 Nov 2018 09:09
Last Modified: 19 Nov 2018 09:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10502

Actions (login required)

View Item View Item