FITRIANI, FITRIANI (2017) PENERAPAN METODE DISKUSI UNTU K MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS I V SDN 4 BATUYANG TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
FITRIANI.pdf Download (427kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas IV SDN 4 Batuyang diperoleh informasi bahwa pada pelajaran IPA nilai rata - rata ujian siswa pada Semester I Tahun Ajaran 2015/2016 , adalah 70. Nilai rata - rata tersebut masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan, yaitu 75. Salah satu permasalahan yang dihadapi siswa adalah k urang dikemasnya pembelajaran IP A dengan menarik dan menantang . Dari permasalahan te rsebut peneliti melakukan penelitian dengan penerapan metode diskusi . Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana masing - masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian , adalah apabila secara klasikal 85% dari seluruh siswa memperoleh nilai 75. Dari hasil analisa nilai evaluasi siklus I dan II diperoleh data, nilai rata - rata pada siklus I diperoleh 7 2 ,8 dengan ketuntasan klasikal sebesar 73%. Sete lah dilakukan refleksi untuk rencana perbaikan pada siklu
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Diskusi , Hasil Belajar . |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 09:08 |
Last Modified: | 19 Nov 2018 09:08 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10514 |
Actions (login required)
View Item |