MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN ALAM SEKITAR (OUTDOOR LEARNING) SISWA KELAS V SDN 08 MONTONG BETOK KECAMATAN MONTONG GADING TAHUN PELAJARAN 2017/2018

APRILIA, INTAN (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN ALAM SEKITAR (OUTDOOR LEARNING) SISWA KELAS V SDN 08 MONTONG BETOK KECAMATAN MONTONG GADING TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
INTAN APRILIA.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 08 Montong Betok Kecamatan Montong Gading Tahun Pelajaran 2017/2018.Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan nilai siswa. Bahwa dari 24 siswa, hanya 13 siswa ( 54%) yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 65 sedangkan 11 siswa (46%) nilainya di bawah KKM, dengan nilai tertinggi siswa, yaitu 80 dan nilai terendah 32,5. Ketuntasan klasikal mencapai 54% yang seharusnya mencapai minimal 85%. Rendahnya hasil belajar IPA siswa disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah yang membuat siswa kurang aktif. Pembelajaran masih ditekankan pada buku saja, dan kurangnya memanfaatkan pengetahuan yang ada di lingkungan sekitar.Untuk itu peneliti berusaha menerapkan model pembelajaran Pendekatan Alam Sekit ar (Outdoor Learning) untuk meningkatkan hasil belajar IPA.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan terdiri dari dua kali pertemuan. Kedu

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan AlamSekitar (Outdor Learning), Hasil Belajar, dan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 19 Nov 2018 09:08
Last Modified: 19 Nov 2018 09:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10522

Actions (login required)

View Item View Item