TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH TERIPANG (Holothuria atra) HASIL REPRODUKSI ASEKSUAL DENGAN BERAT YANG BERBEDA

Robiansyah, Yani (2018) TINGKAT KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH TERIPANG (Holothuria atra) HASIL REPRODUKSI ASEKSUAL DENGAN BERAT YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Teripang merupakan salah satu filum echinodermata yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan karena mengandung nutrisi yang tinggi, selain itu teripang juga bermanfaat sebagai obat-obatan. Perkembangan produksi dan ekspor teripang dari hasil tangkapan di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami ketidakstabilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perbedaan berat tubuh teripang terhadap tingkat kelangsungan hidup dan pertumbuhan teripang hasil fission. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan perlakuan Kontrol (150-350 gram), P1 (150 gram), P2 (250 gram) dan P3 (350 gram). Data uji analisis menggunakan ANOVA dengan taraf 5% untuk mengetahui perlakuan terbaik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan perbedaan berat tubuh teripang memberikan pengaruh terhadap tingkat kelangsungan hidup namun tidak meberikan pertumbuhan terhadap benih teripang hasl fission. Kelangsungan Hidup tertinggi didapat pada perlakuan Kontrol (100%) dan P2 (72,22%). Sedangkan untuk pengamatan morfologis dan Fisiologis teripang memberikan hasil yang berbeda setiap minggunya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fission, Teripang (Holothuria atra), Berat berbeda.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Perairan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 19 Nov 2018 09:07
Last Modified: 19 Nov 2018 09:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10529

Actions (login required)

View Item View Item