ANALISIS MAKNA SIMBOL PADA ACARA RITUAL AGAMA MAULID NABI MUHAMMAD SHALLALLAHU’ALAIHI WASALLAM DI DESA SELEBUNG KETANGGA KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR “SEMIOTIKA ROLAND BARTHES”

SALMIAH, SALMIAH (2018) ANALISIS MAKNA SIMBOL PADA ACARA RITUAL AGAMA MAULID NABI MUHAMMAD SHALLALLAHU’ALAIHI WASALLAM DI DESA SELEBUNG KETANGGA KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR “SEMIOTIKA ROLAND BARTHES”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SALMIAH (E1C014050).pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini masyarakat dihadapkan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dari hari ke hari, zaman yang semakin modern menggiring opini masyarakat berfikir lebih maju dan menjadi ketergantungan dengan teknologi. Jika masyarakat tidak mampu memahami kebudayaannya sendiri dikhawatirkan kebudayaan tersebut akan perlahan punah, tetapi jika masyarakat memahami kebudayaan yang dimiliki yang telah diwarikan oleh para leluhurnya, dengan teknologi kebudayaan tersebut diharapkan akan mampu menjaga keberadaanya. Salah satu contohnya, kebudayaan memperingati maulid nabi. Metodologi kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku dan juga benda yang dapat diamati. data ditemukan berjumlah delapan data yang dijadikan sebagai tanda pada tradisi maulid Nabi Muhammad Saw di Desa Selebung Ketangga Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Jadi sebenarnya tujuan dari peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Desa Selebung Ketangga Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur ini adalah sebagai ajang kumpul bersama, dalam rangka silaturrahmi sekaligus memupuk dan membangun kembali rasa kekeluargaan. Memperkenalkan sejak dini kepada anak-anak mereka tentang Kisah Baginda Rasulullah Saw dari silsilah keturunannya, keluarganya, hingga jasa-jasanya. Memberikan pembelajaran bahwa, untuk lebih mengenal Allah sebagai Tuhan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): maulid, semiotika Roland Barthes, dulang, nasi Rosul, teloq gonjer, serakan, dan begibung.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 19 Nov 2018 09:06
Last Modified: 19 Nov 2018 09:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10540

Actions (login required)

View Item View Item