NOVEL DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS EKRANISASI NOVEL DILAN 1990 KARYA PIDI BAIQ DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA

Mulawarman, Logi (2018) NOVEL DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS EKRANISASI NOVEL DILAN 1990 KARYA PIDI BAIQ DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL LOGI MULAWARMAN (E1C114051).pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud ekranisasi pada aspek penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Selain itu, penelitian ini dikaitkan dengan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tulisan yang dikutip dalam novel Dilan 1990 dan data dalam bentuk dialog maupun gambar dari film Dilan 1990 yang berkaitan dengan unsur intrinsik tokoh, alur, dan latar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses ekranisasi yang terjadi pada unsur alur, tokoh, dan latar, telah ditemukan adanya penciutan, penambaham, dan perubahan bervariasi. Pada kategori pertama yaitu penciutan: penciutan tokoh sebanyak delapan belas tokoh, penciutan alur terdiri dari dua puluh sembilan alur, dan penciutan latar ditemukan sebanyak tiga belas latar. Kategori kedua yaitu penambahan: pada penambahan tokoh terdapat tiga tokoh tambahan, penambahan alur ditemukan sebanyak lima belas adegan yang ditambahkan pada film, dan penambahan latar terdapat sembilan latar yang ditambahkan. Kategori ketiga yaitu perubahan bervariasi: perubahan variasi tokoh sebanyak dua tokoh, perubahan variasi alur ditemukan sebanyak empat bagian alur atau adegan, dan satu latar yang mengalami perubahan bervariasi. Selain itu, ekranisasi novel Dilan 1990 dikaitkan dengan pembelajaran sastra di SMA yang menyimpulkan bahwa penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk proses pembelajaran, sesuai dengan silabus pada kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar: 3.3 Menganalisis hasil alihwahana (konversi) dalam karya sastra, baik dari novel ke film maupun sebaliknya dan 3.4 Mengevaluasi hasil analisis alihwahana (konversi) novel ke film atau sebaliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ekranisasi, novel, dilan, pembelajaran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 24 Nov 2018 01:28
Last Modified: 24 Nov 2018 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10581

Actions (login required)

View Item View Item