PERBANDINGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII A DENGAN VII B SMP NEGERI 20 MATARAM

RAHMAYANTI, MENDUR (2018) PERBANDINGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII A DENGAN VII B SMP NEGERI 20 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbedanya hasil menulis karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 20 Mataram. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII A SMPN 20 Mataram”, “Bagaimanakah keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII B SMPN 20 Mataram”, dan “Bagaimanakah perbedaan dan persamaan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII A dengan VII B SMPN 20 Mataram”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII A dengan VII B SMPN 20 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode komparatif atau perbandingan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B berupa hasil menulis karangan deskripsi. Data penelitian ini berjumlah 48 karangan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil menulis karangan deskripsi antara siswa kelas VII A dengan VII B memiliki perbedaan. Kesalahan kelas VII A memiliki 176 kasus kesalahan. Pemakain huruf kapital terdapat 64 kasus kesalahan, penggunaan kata depan terdapat 55 kasus kesalahan, ejaan dan tanda baca terdapat 57 kasus kesalahan, objek deskripsi dan isi karangan tidak terdapat kasus kesalahan. Jenis kesalahan yang paling banyak ditemukan dalam karangan siswa kelas VII A yaitu kesalahan pemakain huruf kapital. Nilai tertinggi pada kelas VII A yaitu 90, dan nilai terendah yaitu 63 dengan nilai rata-rata 80,5. Sedangkan kelas VII B memiliki 215 kasus kesalahan. Dalam hal ini pemakain huruf kapital terdapat 82 kasus kesalahan, penggunaan kata depan terdapat 44 kasus kesalahan, ejaan dan tanda baca terdapat 89 kasus kesalahan, objek deskripsi dan isi karangan tidak terdapat kasus kesalahan. Jenis kesalahan yang paling sering ditemukan dalam karangan siswa kelas VII B yaitu kesalahan ejaan dan tanda baca. Nilai tertinggi pada kelas VII B yaitu 81, dan nilai terendah yaitu 41 dengan nilai rata-rata 63,1.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perbandingan, KeterampilanMenulis, KarnganDeskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 24 Nov 2018 01:43
Last Modified: 24 Nov 2018 01:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10586

Actions (login required)

View Item View Item