PEMEROLEHAN FONOLOGI BAHASA IBU PADA ANAK USIA 2,2 TAHUN: STUDI KASUS PADA “RASYID HIDAYAT”

M. Zakaria, M. Zakaria (2018) PEMEROLEHAN FONOLOGI BAHASA IBU PADA ANAK USIA 2,2 TAHUN: STUDI KASUS PADA “RASYID HIDAYAT”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI M ZAKARIA.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemerolehan fonologi bahasa ibu atau pertama pada anak usia 2,2 tahun. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan bentuk dari pemerolehan fonologi bahasa ibu dalam studi kasus pada Rasyid Hidayat usia 2,2 tahun dengan melihat fonem-fonem bahasa yang sudah dikuasai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini mencoba menggambarkan dan memahami sesuatu terkait fenomena yang akan diteliti berdasarkan perspektif peneliti, yaitu bentuk pemerolehan fonologi bahasa ibu pada Rasyid Hidayat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode cakap. Teknik yang digunakan dalam melaksanakan metode tersebut adalah teknik catat dan rekam. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini adalah secara formal dan informal. Penelitian tentang pemerolehan fonologi bahasa ibu pada anak usia 2,2 tahun, peneliti menemukan bentuk-bentuk fonem yang sudah dikuasai oleh Rasyid Hidayat. Adapun fonem bahasa yang sudah dikuasai adalah (1) semua fonem vokal, yaitu /a/, /i/, /u/, /e/, dan /o/ yang menduduki semua posisi dalam setiap kata, (2) fonem konsonan yang sudah dikuasai dan belum semuanya menduduki semua posisi dalam kata pada usia 2,2 tahun yaitu adalah /p/, /b/, /m/, /n/, /t/, /h/, /s/, /c/, /w/, /y/, /q/, dan /k/.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemerolehan Bahasa Ibu, Fonologi, Psikolinguistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:12
Last Modified: 27 Nov 2018 00:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item View Item