NILAI-NlLAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT BIMA LA BANGO VERSI MUHAMMAD TAHIR ALWI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

RAHMAWATI, FITRI (2018) NILAI-NlLAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT BIMA LA BANGO VERSI MUHAMMAD TAHIR ALWI DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL_FITRI RAHMAWATI.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah nilai- nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita rakyat Bima La Bango versi Muhammad Tahir Alwi? (2) Bagaimanakah relevansinya antara nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Bima La Bango versi Muhammad Tahir Alwi dengan pembelajaran sastra di SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kata, kalimat yang terkait dengan nilai-nilai pendidikan dalam buku cerita rakyat La Bango versi Muhammad Tahir Alwi. Sumber data dalam penelitian ini ialah buku cerita rakyat La Bango versi Muhammad Tahir Alwi. Metode pengumpulan data yaitu membaca seluruh cerita rakyat Bima La Bango versi Muhammad Tahir Alwi dan mencari, mengumpulkan, mengutip teks yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan dalam cerita rakyat Bima La Bango versi Muhammad Tahir Alwi. Metode analisis data yaitu menafsirkan data, mengklasifikasi data, menganalisis data dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diambil suatu kesimpulan sebagai berikut : Terdapat beberapa nilai pendidikan dalam cerita rakyat Bima La Bango versi Muhammad Tahir Alwi yaitu (1) Nilai pendidikan religius. Nilai religius dalam cerita La Bango ditunjukkan dengan adanya perilaku berdoa dan memiliki kepercayaan terhadap Tuhan (2) Nilai pendidikan moral. Nilai moral yang terkandung dalam cerita rakyat La Bango yaitu ditunjukkan dengan perilaku baik diantaranya taat kepada orang tua, jujur, dan menghargai orang lain. Sedangkan perilaku yang buruk (tercela) dalam cerita rakyat La Bango yaitu durhaka kepada orang tua, tidak sopan santun dan mencuri (3) Nilai pendidikan sosial. Nilai sosial yang terkandung dalam cerita La Bango yaitu ditunjukkan dengan sikap menghagai orang lain dan saling membantu satu sama lain (4) Nilai pendidikan budaya. Adapun nilai budaya dalam cerita rakyat La Bango yaitu ditunjukkan dengan sikap bagaimana cara dalam menerima tamu dan syarat untuk melamar seorang gadis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai Pendidikan, Cerita Rakyat La Bango, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:12
Last Modified: 27 Nov 2018 00:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10644

Actions (login required)

View Item View Item