MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR DI TK AL HAMIDY MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SUSANTI, MUTIARA (2017) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR DI TK AL HAMIDY MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUTIARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan sosial anak di TK Al Hamidy Mataram. Pengembangan kemampuan sosial anak terutama yang dilakukan melalui kegiatan permainan yang dilengkapi dengan penggunaan media atau alat bermain masih jarang dilakukan. Pengembangan kemampuan sosial pada anak usia dini biasanya menggunakan permainan tanpa dilengkapi media atau alat bermain sehingga kurang menarik bagi anak. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: ”Bagaimana mengembangkan kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun melalui permainan kartu bergambar di TK Al Hamidy Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun melalui permainan kartu bergambar di TK Al Hamidy Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dan metode penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang anak. Obyek penelitian adalah kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun. Faktor yang diteliti adalah kegiatan anak kelompok A usia 4-5 tahun selama mengikuti kegiatan pembelajaran melalui permainan kartu bergambar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah penelitian terdiri dari penyusunan teori, penyusunan instrumen, kegiatan pembelajaran sebelum penggunaan media kartu bergambar, pengumpulan data, kegiatan pembelajaran menggunakan media kartu bergambar, analisa data, dan kesimpulan. Dari analisis data diperoleh hasil bahwa pada tahap sebelum kegiatan permainan, tingkat ketercapaian perkembangan kemampuan sosial anak mencapai nilai 62,9%. Sedangkan pada tahap setelah pelaksanaan kegiatan permainan dengan kartu bergambar, tingkat ketercapaian perkembangan kemampuan sosial anak mencapai 81,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan permainan kartu bergambar yang dilakukan sesuai dengan langkah-langkah dan aturan permainan dapat mengembangkan kemampuan sosial anak usia 4-5 tahun di TK Al Hamidy Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan sosial, Permainan Kartu Bergambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 27 Oct 2017 00:25
Last Modified: 27 Oct 2017 00:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1065

Actions (login required)

View Item View Item