ANALISIS CAKUPAN LITERASI SAINS DALAM BUKU AJAR BIOLOGI PEGANGAN SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KELAS XI KURIKULUM 2013 DI KOTA MATARAM

LASMINAWATI, ENDANG (2018) ANALISIS CAKUPAN LITERASI SAINS DALAM BUKU AJAR BIOLOGI PEGANGAN SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KELAS XI KURIKULUM 2013 DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL .pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Buku pelajaran berperan penting untuk membangun kompetensi literasi sains siswa, oleh karena itu buku pelajaran sebaiknya terintegrasi kompetensi literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh proporsi kategori cakupan literasi sains dalam buku pelajaran Biologi berdasarkan cakupan kompetensi literasi ilmiah PISA 2015 dalam sajian buku. Adapun kompetensi tersebut terdiri dari kompetensi ‘menjelaskan fenomena secara ilmiah’, ‘mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah’, dan ‘mengambil kesimpulan berdasarkan data’. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa studi dokumen. Pengumpulan data penelitian mengggunakan instrumen analisis yang mengacu pada kompetensi literasi ilmiah PISA 2015. Tehnik analisis data menggunakan rumus persentase untuk menentukan proporsi kategori cakupan literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cakupan literasi sains dalam buku pelajaran Biologi berdasarkan sajian didominasi oleh kompetensi ‘menjelaskan fenomena secara ilmiah’ dengan persentase 65% yakni termasuk kategori Sedang. Adapun kompetensi ‘mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah’ memiliki persentase terendah yaitu 14.2% dan kompetensi ‘mengambil kesimpulan berdasarkan data dengan persentase 20.8% yakni termasuk kategori Sangat Sedikit. Dapat diketahui pula cakupan literasi sains dalam buku secara keseluruhan adalah termasuk kategori Sangat Sedikit. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa buku ajar tersebut telah terintegrasi kompetensi literasi sains namun dengan cakupan literasi sains yang tidak proporsional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Cakupan, Literasi Sains, Buku Pelajaran, PISA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:11
Last Modified: 27 Nov 2018 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item View Item