PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA CETAK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019

WIJAYANTI, DEWA AYU KOMANG PUTRI (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA CETAK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL DEWA AYU KOMANG PUTRI WIJAYANTI.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA menggunakan media video dengan media cetak pada peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Mataram tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Mataram tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas VIIIA dan VIIIC sebagai kelas eksperimen media video dan kelas VIIIB dan VIIID sebagai kelas eksperimen media cetak. Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Analisis data digunakan t test pooled varians dengan taraf kesalahan 5%. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen media video lebih besar dibandingkan dengan kelas eksperimen media cetak yaitu diperoleh rata-rata masing-masing 67,9 dan 53,8. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA menggunakan media video dengan media cetak terhadap peserta didik kelas VIII di SMPN 5 Mataram tahun ajaran 2018/2019. Penggunaan Media video mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan media cetak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media video, media cetak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:11
Last Modified: 27 Nov 2018 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10652

Actions (login required)

View Item View Item