KELIMPAHAN DAN STRUKTUR POPULASI Ophiocoma scolopendrina (OPHIUROIDEA) DI KAWASAN INTERTIDAL PANTAI PEWARINGAN KABUPATEN LOMBOK BARAT

PUJAYANTI, NI KOMANG AYU NITA (2018) KELIMPAHAN DAN STRUKTUR POPULASI Ophiocoma scolopendrina (OPHIUROIDEA) DI KAWASAN INTERTIDAL PANTAI PEWARINGAN KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NI KOMANG AYU NITA PUJAYANTI.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Bintang mengular Ophiocoma scolopendrina adalah salah satu biota laut yang dominan di kawasan intertidal. Keberadaanya sangat penting dalam keseimbangan lingkungan. Penelitian deskriptif eksploratif ini dilakukan di perairan Pantai Pewaringan Sekotong Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelimpahan dan struktur populasi O. scolopendrina serta mengeksplorasi perbedaan kelimpahan dan ukuran diameter cakram antar transek. Data kelimpahan dan struktur populasi O. scolopendrina diambil dengan metode transek kuadrat. Tiga transek dibuat tegak lurus dengan bibir pantai dengan jumlah kuadrat sebanyak 59 kuadrat. Perbedaan kelimpahan dan perbedaan ukuran diameter cakram O. scolopendrina antar transek uji menggunakan One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata (±SD) kelimpahan O. scolopendrina adalah 6,19±7,78 individu per kuadrat atau 123,80 individu per are (100 m2 ). Tidak ada perbedaan rata-rata kelimpahan O. scolopendrina antar transek. Struktur populasi O. scolopendrina di Pantai Pewaringan terdiri atas 28,76% individu dewasa dan 71,23% individu belum dewasa. Rata-rata (±SD) ukuran diameter cakram O. scolopendrina adalah 10,40±2,02 mm. Tidak ada perbedaan rata-rata ukuran diameter cakram O. scolopendrina antar transek.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Populasi, Ophiocoma scolopendrina, Kawasan Intertidal, Pantai Pewaringan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 27 Nov 2018 00:10
Last Modified: 27 Nov 2018 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item